SMA Negeri I Yogyakarta: THA-nya Menjadi Kebanggaan

January 16, 2008 at 11:01 am

[Mingguan Bola, 2.9.1988; Oleh Arief B. Witarto] [Download File PDF 322 KB] Dilihat dari namanya, Teladan Hiking Association (THA), sudah dapat diduga bahwa klub pencinta alam SMAN 1 Yogyakarta ini termasuk yang tertua di kotanya. THA berdiri tanggal 20 Mei 1972 dalam sebuah perjalanan ke Gua Selarong melewati bukit Kanigoro, sekitar 5 km sebelah barat Yogya. Pada waktu itu kegiatan yang lagi “in” adalah jalan kaki lintas alam (hiking).

Dalam kelanjutannya, klub yang bendera dan lambangnya dirancang oleh Inu Wicaksono dan disulam tangan oleh Nuniek Ngesti ini, pertama kali tampil secara resmi dalam acara Teladan Jambore Beach Camp di pantai Parangtritis. Peristiwanya terjadi dalam rangka Lustrum III SMAN 1 Yogya pada tanggal 17 Agustus 1973. Bukan hanya sebagai klub hiking saja, tetapi juga sebagai klub pecinta alam sepenuhnya.

Secara yuridis, yang menjadi anggota THA adalah seluruh siswa SMAN 1 Yogya. Kemudian, dari sini kami bedakan antara anggota aktif dan tidak aktif. Yang dimaksud dengan anggota aktif adalah mereka yang terdaftar dalam keanggotaan THA. Mereka dilantik sebagai anggota di Bukit Kanigoro, tempat THA berdiri.

Syarat

HUT THA ke-3 dimeriahkan dengan memandikan bendera THA di pantai Samas oleh 25 anggota THA. Di sanalah syal biru THA sebagai tanda MD (Mountaineering Division) juga badgenya diperkenalkan.

Anggota MD di sini adalah anggota THA yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Antara lain: telah mendaki 3 gunung bagai anggota pira dan 2 gunung bagi wanita, pernah mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) untuk menambah pengetahuan dan keterampilan sebagai pecinta alam yang diadakan setiap tahun oleh THA. Juga mereka harus memenuhi syarat-syarat kepribadian yang ditetapkan pengurus THA.

HUT THA ke-4 diperingati secara meriah dengan camping di Kaliurang. Pada Lustrum I THA diadakan lomba dan pameran foto pecinta alam se-Yogyakarta. Sebagai catatan, kegiatan ini sekaligus juga untuk memperingati berdirinya Sekretariat Bersama Perhimpuan Pecinta Alam Yogyakarta.

Pendidikan dan latihan THA mulai diadakan pertama kali tahun 1980 di Kaliurang. Sewindu THA diperingati dengan sarasehan dan tumpengan yang dihadiri wakil-wakil pecinta alam se kota Yogya. Pada tahun itu juga nomor pokok (induk) anggota THA diperkenalkan. Tak ketinggalan, dalam Panitia Gladian Nasional VI di Pantai Krakal, THA mengirimkan 30 wakilnya, walau harus dengan membolos karena kesalahpahaman antara panitia pusat dengan sekolah.

Dalam kepengurusan periode 1981 mulai dirintis adanya Departemen SAR dan Komunikasi dalam THA.

Lustrum II

Lustrum II THA diadakan 9-20 Mei 1982, dengan acara-acara sarasehan, musik malam rimbah, penghijauan dan pembuatan monumen untuk mengenang Sri Yuwono Budiraharjo dan Gathot Waskito yang meninggal dalam penyelusuran sungai Progo awal tahun 1982.

Demikian juga pada tahun 1986 dan 1987, sederet prestasi telah dibuat oleh anggota THA maupun eks THA. Pendakuan gunung-gunung di Pulau Jawa, juga gua-gua mulai dilirik oleh anggota THA yang haus petualangan. Tak ketinggalan, dalam kegiatan yang diadakan Sekretaris Bersama, latihan rutin terus dilakukan. Konon pula, salah satu pendaki Himalaya yang lalu adalah eks THA. Maka, tak heranlah jika THA menjadi salah satu kebanggaan dari sekian kebanggaan SMAN 1 Yogya. [*]

CATATAN: Artikel ini adalah tulisan pertama saya yang dimuat di media massa. Ditulis ketika masih SMA dengan gaya bahasa yang kaku. Heran juga kok diterima? Mungkin anggota Redaksi yang membaca, alumni SMA yang sama🙂 Kegembiraan waktu itu adalah mendapat honor penulisan yang dikirim melalui wesel pos dan tak menduga kalau kemudian mendapat surat dari pembaca dari berbagai daerah termasuk luar Jawa. Setelah ini, lama tidak menulis di media massa sampai tahun 1997, 10 tahun kemudian. [16.1.2008 oleh Arief B. Witarto]

Entry filed under: Riset & Pendidikan. Tags: .

Ilmuwan Indonesia: Kesetiaan Profesi atau Institusi? Bertani Protein di Kantong Semar


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: