Panen Protein dari si Kantong

January 12, 2008 at 8:07 am

[Majalah Flona, Edisi 41/III-Juli 2006, hal.16; Oleh Titik] [Download file PDF 390 KB] Jika para hobiis tanaman memandang kantong semar sebagai hiasana, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng. melihat dari sisi lain. Sesuai keahliannya di bidang biologi molekuler, Arief menyimpan harapan bahwa nepenthes merupakan ladang tempat bertani protein, istilah kerennya molecular farming. Jika protein bisa ‘dibudidayakan’ maka bakal menolong banyak nyawa manusia.

Selama ini, untuk menyembuhkan beberapa penyakit gawat macam diabetes, hipertensi, TBC, malaria bahkan kanker, menggunakan bantuan protein. Produksi protein yang disuntikkan butuh biaya mahal. Oleh karena itu para ahli biologi molekuler mencoba memproduksi protein ini pada tanaman. Mengingat tanaman lebih pendek umurnya dan pasti lebih murah jika dibandingkan dengan proses ekstraksi terdahulu. Pada tembaka, protein berhasil diproduksi.

“Tetapi tetap saja ekstraksinya membutuhkan biaya mahal”, terang lulusan Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang. Lantaran itu Arief mulai melirik kantong semar sebagai ganti tembakau. Kenapa? Menurut ilmuwan muda ini, nepenthes merupakan tanaman yang menghasilkan protein di luar tubuhnya. Tepatnya pada cairan di kantongnya.

Secara sederhana dijelaskan bahwa protein terbentuk karena adanya enzim protease. Ibarat membuat kue, enzim adalah si pembuat kuenya. Enzim protease dikeluarkan oleh kelenjar. Kebanyakan kelenjar melepas produknya ke dalam sel tubuh. Berbeda dengan nepenthes yang melepaskan produkny, si enzim protease itu keluar tubuhnya, masuk ke dalam cairan kantong yang terkenal dengan nama cairan nepenthesin. Ada dua jenis senyawa nepenthesin yang telah diidentifikasi, yaitu nepenthesin 1 dan nepenthesin 2.

Dengan demikian, untuk mendapatkan protein tak perlu lagi mengekstrak. Cukup dengan menuangkan cairan kantongnya saja. Teknik ini tentu saja menghemat biaya banyak.

Entry filed under: 4. PROFIL, Molecular Farming. Tags: .

Arief Budi Witarto, Insinyur Protein yang Sarat Prestasi Sains dan Teknologi Masih Jadi Anak Tiri


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: