Deptan Dukung Cukai Rokok Naik

January 11, 2008 at 9:24 am

[Suara Pembaruan, Sabtu, 5.1.2008; Oleh L-11] Jakarta – Departemen Pertanian mendukung rencana kenaikan cukai rokok karena pengendalian penggunaan tembakau untuk rokok jauh lebih banyak manfaatnya. Sementara untuk para petani tembakau, Deptan sudah mulai mendorong mereka secara bertahap beralih dari tanaman tembakau ke jenis tanaman lain seperti hortikultura. Berdasarkan perhitungan keuntungan yang diperoleh petani dengan beralih ketanaman hortikultura ternyata jauh lebih besar ketimbang tembakau. Demikian disampaikan Menteri Pertanian Anton Apriyantono di Jakarta, Sabtu (5/1) pagi.

Menurut Mentan, banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika cukai rokok dinaikkan. Naiknya cukai rokok meningkatkan pendapatan negara. Keuntungan lainnya, secara tidak langsung akan mendorong penguatan ketahanan pangan.

Kondisi saat ini merupakan sebuah ironi karena masyarakat golongan bawah, khususnya kepala keluarga, banyak yang lebih mementingkan konsumsi rokok daripada untuk bahan pangan bergizi bagi keluarga. Pembatasan merokok di kalangan ini diharapkan mendorong untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Mentan mencontohkan, saat ini harga sebutir telur kurang lebih sama dengan sebatang rokok. Namun masyarakat kelompok bawah banyak yang memilih membeli rokok. “Padahal sebutir telur sudah cukup untuk memenuhi gizi 1-2 anak,” tandasnya.

Ahli bioteknologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Arief Witarto menyarankan dilakukannya pengalihan tembakau dari rokok kepada kegunaan yang lain. Menurut Arief, tembakau berpotensi menjadi medium penghasil protein dengan rekayasa bioteknologi, dan pendapatan petani akan meningkat puluhan kali.

Menurut Arief, saat ini dunia sangat membutuhkan protein untuk bahan baku pembuatan obat-obatan. Jika Indonesia mampu memproduksi protein secara besar-besaran, maka bukan hanya devisa negara yang akan membengkak dari hasil eskpor protein, namun harga obat-obatan pun bisa ditekan lebih murah sementara pendapatan petani jauh lebih baik.

Entry filed under: 1. BIOTEKNOLOGI, Molecular Farming. Tags: .

Revolusi Bioteknologi (1): Biofarmaka, antara Kesehatan dan Bisnis Perkembangan Bioinformatika di Dunia dan Kondisinya di Indonesia


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: