Peneliti Muda Indonesia Tahun 2002

January 10, 2008 at 9:04 pm Leave a comment

[Berita Iptek, Jumat, 25.10.2002; Oleh anonymous] Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meneruskan tradisinya mengadakan Pemilihan Peneliti Muda Indonesia(PPMI) dibawah umur 35 tahun yang ke-10 tahun 2002 pada tanggal 1-2 Oktober 2002 yang lalu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring para peneliti muda berbakat di seluruh Indonesia dan memberikan dorongan untuk terus berkarya melalui penghargaan yang diberikan.

Menurut Ketua Dewan Juri PPMI 2002, Dr. Anung Kusnowo,M.Tech. yang juga Ketua Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, LIPI, terkumpul lebih dari 60 karya tulis yang berasal dari lembaga penelitian, universitas dan institusi lainnya dari seluruh Indonesia untuk lima bidang yang diperlombakan. Bidang tersebut adalah Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Sosial dan Budaya serta Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Para peserta disyaratkan berusia dibawah 35 tahun, kecuali bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan yang dibatasi sampai usia 40 tahun.

Setelah melalui proses seleksi oleh dewan juri dari masing-masing bidang, babak final berupa presentasi dan wawancara dilangsungkan di kantor pusat LIPI, Jalan Gatot Subroto pada hari Senin, 30 September 2002. Para dewan juri berasal dari LIPI, BPPT, UI, ITB dan lembaga-lembaga penelitian terpandang lainnya dan terdiri dari para peneliti senior maupun muda yang pernah menjadi pemenang PPMI sebelumnya. Para pemenang yang diumumkan pada hari berikutnya, 1 Oktober 2002 itu adalah sbb.

Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng. dari Pusat Penelitian Bioteknologi, LIPI dengan tema “Rekayasa Protein Berstruktur Beta-Propeller dan Protein Berfungsi Transduksi Sinyal untuk Aplikasi Kedokteran”.

Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Dr.Laksana Tri Handoko dari Pusat Penelitian Fisika, LIPI dengan tema “Pencarian Partikel Higgs melalui Fenomena Peluruhan Bq-l+l-*”.

Bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Syamsul Rizal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas dengan tema “Efek Pemberian Vitamin E sebagai Antioksidan terhadap Pencegahan Adhesi Intraperitonium”.

Bidang Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Hermeindito Karo, SE, MM dari Universitas Katolik Widya Mandala dengan tema “Kebangkrutan versus Restrukturisasi: Evaluasi dan Prediksi Kelangsungan Hidup Perusahaan Pasca Krisis Keuangan 1997”.

Sedangkan untuk Bidang Ilmu Sosial dan Budaya, Dewan Juri memutuskan tidak ada pemenangnya. Para pemenang PPMI ini mendapatkan masing-masing piagam penghargaan dan medali dari LIPI serta hadiah uang 20 juta rupiah dari Bank Mandiri yang mendukung kegiatan ini.

Kepala LIPI yang baru dilantik beberapa hari sebelumnya, Prof. Dr. Umar Anggara Jenie dalam sambutannya berharap agar para peneliti muda ini tetap konsisten berkarya dalam penelitian yang menjadi kompetensi masing-masing. Menuturkan pengalamannya ketika baru kembali dari studi di luar negeri, Kepala LIPI yang juga adalah peneliti di Fakultas Farmasi, UGM ini bertekad melakukan penelitian di laboratorium selama setidaknya 10 tahun pertama daripada menerima jabatan di fakultas yang ketika itu ditawarkan kepadanya. Berkatnya, beberapa paten internasional berkaitan dengan molekul obat yang dikembangkannya berhasil dikantungi dalam kurun waktu tersebut.

Entry filed under: 3. PENGHARGAAN, Peneliti Muda Indonesia. Tags: .

Industri Farmasi Lokal Bisa Produsi Insulin Sendiri Arief B. Witarto: Ahli Bioteknologi Muda Kita

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: