Gus Dur Khawatirkan Keutuhan Indonesia

January 10, 2008 at 8:51 pm Leave a comment

[http://www.gusdur.net, Senin, 15.8.2005; Oleh anonymous] Terpecah-belahnya bangsa Indonesia sebelum masa kemerdekaan, akibat masing-masing pribadi, kelompok atau kerajaan merasa yang paling hebat. Kesadaran menjadi satu bangsa muncul ketika generasi muda seperti Bung Karno dan Bung Hatta selalu berfikir tentang Indonesia ke depan sebagai satu kesatuan.

Demikian pesan mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada Peringatan 60 Tahun Kemerdekaan Indonesia dengan tema Menyelamatkan Komitmen Nasional yang diselenggarakan Universitas Paramadina, di Gedung Arsip Nasional Jakarta Pusat, Senin (15/8/05) malam.

“Dalam sidang-sidang pendirian negara ini, Bung Karno selalu menekankan bahwa kita semua ingin menjadi satu bangsa. Tentu saja dengan perbedaan-perbedaannya, pandangan yang beraneka ragam, budaya yang berbeda-beda satu sama lain dan sebagainya.”

Pandangan yang sama ditunjukkan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Dalam Muktamar tahun 1935, kata Gus Dur, NU telah memutuskan tidak wajib mendirikan negara Islam.
“Jaman dulu mereka sudah berfikir demikian maju, padahal sekarang Gerakan Ahmadiyyah saja dilarang hidup. Itu yang saya tidak mengerti,” kata Gus Dur.

Dari kasus tersebut, Gus Dur menilai kini bangsa Indonesia bukannya mengalami kemajuan tapi kemunduran. Dia berharap akan muncul aktivis-aktivis yang berani melakukan koreksi terhadap kekeliruan-kekeliruan yang terjadi.

“Semua jangan kalah oleh kepentingan-kepentingan sesaat. Dan harus muncul aktivis yang berjuang untuk itu. Tapi, lagi-lagi saya harus bangun. Nanti kalau saya mati siapa yang mengganti?”

Selain Gus Dur, Jacob Oetama, Jusuf Wanandi, Todung Mulya Lubis, dan Jimly Ashiddiqie juga turut memberi sambutan. Sedang Taufiq Ismail membaca puisi dan kelompok musik Slank yang mendapatkan Paramadina Award menyanyikan lagu Juwita Malam.

Rektor Paramadina Nurcholish Madjid tidak bisa hadir karena alasan kesehatan dan hanya menyampaikan sambutan yang direkam lewat cakram padat. Acara tersebut sebenarnya dimaksudkan sebagai ajang reuni antara Presiden dan mantan Presiden. Namun hingga acara berakhir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan dua mantan presiden lainnya yang diundang yaitu Soeharto dan Megawati tidak tampak di lokasi acara.

Tokoh-tokoh nasional yang terlihat hadir antara lain, Wiranto, Shalahuddin Wahid, Hasyim Muzadi, Din Syamsuddin, Hasan Wirayuda, Meutia Hatta, dan Akbar Tandjung. Tampak hadir juga Otomo Dananjaya, Pramono Anung, Didik J Rachbini, Arifin Panigoro, Sutrisno Bachir, Titik Puspa dan lain-lain.

Curiga

Dalam kesempatan itu, Gus Dur juga menyinggung MoU (nota kesepahaman) antara pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang baru saja diteken pada Senin, 15 Agustus 2005 kemarin di Helsinki Finlandia.

“Isi MoU ini sebetulnya apa? Kita ini seperti kambing congek saja,” tegas Gus Dur.

Gus Dur mengatakan wajar jika banyak pihak curiga, karena pemerintah sendiri tidak pernah terbuka soal isi MoU itu. “Lho, kenapa nggak boleh curiga? Dibuka saja tidak, kok nggak boleh curiga?”

Bahkan ia mengkhawatirkan perdamaian di Aceh itu dibarter dengan kemerdekaan Papua.

“Ya Allah…negara yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh orang-orang terdahulu, sekarang mau dipecah-pecah kembali,” kata Gus Dur dengan mimik kecewa.

“Mudah-mudahan saya salah soal itu. Kalau salah, saya paling gembira dalam hal ini,” ungkapnya.

Entry filed under: 3. PENGHARGAAN, Paramadina Award. Tags: .

Sebelum ke Rumah Sakit, Cak Nur Pesankan Keterbukaan Klaster Bioteknologi Bisa Entaskan Kemiskinan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: