Penghargaan untuk Para Tokoh

January 5, 2008 at 6:14 pm Leave a comment

JAKARTA — Meyelamatkan Komitmen Nasional menjadi tema malam perayaan 60 tahun Indonesia merdeka Universitas Paramadina di Arsip Nasional RI, Jakarta, pada Senin (15/8) lalu. Tidak muluk-muluk, menurut para tokoh yang berbicara malam itu, antara lain Nurcholis Madjid (melalui video), Abdurrahman Wachid, dan Jakob Oetama, bangsa Indonesia membutuhkan landasan yang kuat untuk mencapai cita-cita.

“Landasan kita adalah keterbuklaan dan kejujuran untuk mencapai sepakat. Ada perbedaan itu wajar. Tapi yang lebih penting dari itu adalah kejujuran dan keterbukaan,” kata Gus Dur.

Meskipun kondisi politik dan ekonomi Indonesia sedang tidak stabil, perlu diingat pula Indonesia memiliki orang-orang yang patut dibanggakan. Oleh karena itu, Paramadina Awards dianugerahkan kepada beberapa orang yang dianggap memiliki kontribusi bagi pembangunan Indonesia.

Paramadina Awards diberikan kepada Susi Susanti, atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia. Melalui perjuangannyalah Indonesia mendapatkan medali emas untuk pertama kali di kancah kompetisi olahraga dunia, Olimpiade. Perlu dicatat pula, sampai saat ini belum ada yang mangalahkan prestasinya.

Dausan Faroukh, mantan pejuang kemerdekaan pun mendapat penghargaan. Banyak contoh pejuang yang kini tidak terdengar namanya. Dausan mungkin merupakan salah satu contoh pejuang yang masih eksis hingga saat ini. Ia tidak menghabisi masa tuanya dengan menunggu ajal. Ia membuka perpustakaan keliling di daerah Yogyakarta untuk orang-orang yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, penghargaan pun diberikan kepada orang-orang yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan. Arief Budi Witarto, peneliti biomolekuler menjadi salah satu contoh ilmuwan yang berjasa bagi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Andika Putra, salah seorang siswa SMU Negeri 1 Sutomo Medan, juga mendapatkan Paramadina Awards. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas pada Olimpiade Fisika Internasional yang ke-36.

Salah seorang mahasiswa Universitas Paramadina, Bambang Endro P, juga mendapatkan penghargaan atas prestasinya. Mahasiswa Jurusan Desain Produk ini berhasil memenangkan penghargaan Best Design Otomotif pada Gaikindo Auto Expo 2005.

Radhar Panca Dahana, sastrawan yang sejak kecil mendedikasikann dirinya untuk dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya di usia 10 tahun dengan cerpen ”Tamu Tak Diundang” yang dimuat di salah satu media massa nasional.

Tidak ketinggalan, Slank pun mendapatkan penghargaan ini. Kelompok musik memiliki jutaan penggemar ini dianggap memiliki kharisma di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, besar harapan negara kepada mereka agar dapat memberikan pengaruh positif di kalangan generasi muda. Tidak dapat dimungkiri, kelompok musik yang bermarkas di Gang Potlot ini menjadi legenda sekaligus ikon gerasi sekarang. Lirik-lirik lagu mereka menyentuh sekaligus menyentil. “Kami terharu sekali. Tapi ini akan menjadi pegangan buat kami. Banyak teman atau adik-adik yang melihat ke kami,” kata Kaka menanggapi pemberian penghargaan tersebut.

Slank malam itu membuktikan kelihaian mereka bermain musik di depan para tamu yang sebagian besar terdiri dari pejabat dan mantan pejabat negara. Mereka tampil apa danya seperti ketika berkonser di hadapan para penggemarnya.

Sastrawan senior, Taufiq Ismail, pun turut mengisi acara malam itu dengan puisinya, “Renungan Ketika Memasuki Gerbang Angka 60”. Taufiq benar-benar memanfaatkan karyanya untuk menegur bangsa. Banyak hal yag disinggungnya dalam puisi tersebut, mulai dari busung lapar dan kemiskinan, GAM, hingga kasus-kasus Tanaga Kerja Indonesia.

Penulis: Mila Novita
Sumber: Sinar Harapan, Kamis, 18 Agustus 2005

Entry filed under: 3. PENGHARGAAN, Paramadina Award. Tags: .

Heboh Nephenthes Pembawa Hoki Langsing dengan ”Chitinase” Unggul

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: