Peneliti Muda Rebut Prestasi Nasional 2002

January 5, 2008 at 7:18 pm Leave a comment

[Republika, Selasa, 1.10.2002; Oleh ant/c21/erd] Jakarta – Sedikitnya sepuluh orang peneliti muda dari berbagai daerah di Indonesia bersaing untuk merebut prestasi nasional 2002. Hal itu dilakukan dalam kegiatan pemilihan peneliti muda Indonesia di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Hasil penelitian calon peneliti muda itu “disidangkan” oleh para peneliti senior LIPI sesuai dengan bidang ilmu yang mereka geluti selama ini. Acara tersebut dibuka oleh Deputi Kepala LIPI Anung Kusnowo di Jakarta, Senin (30/9).

Pemilihan peneliti muda tahun 2002 itu merupakan kegiatan yang dilakukan LIPI. Sementara kesepuluh peneliti muda tersebut adalah finalis nasional sesuai dengan bidang ilmunya masing-masih seperti bidang teknologi dan rekayasa.

Dua peneliti muda yang tercatat sebagai finalis adalah Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng. dengan judul penelitian “Rekayasa Protein Berstruktur Beta Propeller dan Protein Berfungsi Transduksi Sinyal untuk Aplikasi Kedokteran”.
Dan Ir. Pancawati Dewi, M.T. berjudul, “Api dan Arsitektur Prolegomena Konstruksi Pengetahuan Arsitektur Nusantara”.

Finalis peneliti muda bidang ilmu kedokteran dan kesehatan adalah Drs. Kusmardi MSi, dengan judul penelitian, “Potensi Beta Karoten sebagai Biological Response Modifier terhadap Ekspresi Reseptor Interleukin-2 Kultur In Vitro Limfosit T Mencit Bertumor Mammae”.

Sementara peneliti kelahiran Bandung asal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, Syamsul Rizal, memaparkan hasil penelitiannya berjudul, “Efek Pemberian Vitamin E sebagai Antioksidan terhadap Pencegahan Adhesi Intraperitonium Pasca Laparatomi pada Tikus”.

Peneliti muda Dr. Laksana Tri Handoko, bidang ilmu pengetahuan dan lingkungan, menulis tentang “Pencairan Partikel Hinggs Melalui Fenomena Peluruhan Bq-L+L”, sedang rekannya Dr. Dedy Ruswandi, M.Sc. menulis, “Analisis Genetik dan Pemetaan Quantitative Trait Loci (QTL) untuk Gen Resisten Bulai pada Jagung”.

Bidang ilmu sosial dan budaya dengan peneliti muda Amin Rahayu, S.Sos. memaparkan hasil penelitiannya berjudul, “Majelis Rakyat Indonesia (MRI), 1941-1942: Badan Terbesar Perwakilan Indonesia dalam Perjuangan Mencapai Parlemen Indonesia yang Sejati”.

Sedangkan rekannya Silvia Kurniawati dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya meneliti dan mengangkat masalah percintaan yang dilakukan dua insan melalui Short Message Service (SMS) dengan judul, “Berkomunikasi Seksual di Kalangan Remaja dengan SMS”.

Peneliti muda bidang ilmu ekonomi dan manajemen, Lenna Ellita, SE, M.Si., mengangkat hasil penelitiannya berjudul, “Keselarasan Teknologi-Strategi Manufaktur dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Eksploratori pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”.

Rekannya Hermeindito Karo, SE, MM, kelahiran Surabaya dari Universitas Katolik Widya Mandala menulis tentang “Kebangkrutan Versus Restrukturisas: Evaluasi dan Prediksi Kelangsungan Hidup Perusahaan Pasca Krisis Keuangan 1997”.

Pada kesempatan itu, Anung Kusnowo mengatakan dunia industri masih kurang mempercayai karya para peneliti Indonesia. Akibatnya hasil-hasil penelitian kurang terserap di dunia industri.

Anung juga menilai kurangnya perhatian industri terhadap dunia penelitian. Alih-alih ikut membiayai, bahkan mereka kurang menoleh pada hasil budaya bangsa.

Entry filed under: 3. PENGHARGAAN, Peneliti Muda Indonesia. Tags: .

MIFTA Kedepankan IT Bernafaskan Islam Pendidikan di Negara Miskin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: