Indonesia Rintis “Molecular Farming”

January 5, 2008 at 5:49 pm Leave a comment

[Kompas, Rabu, 9.3.2005; Oleh Yun] Jakarta – Lewat kerja sama dengan Jerman dalam bidang bioteknologi, Indonesia akan menjadi negara pertama yang merintis molecular farming di Asia. Dengan mengembangkan metode produksi protein bernilai tinggi menggunakan tanaman sebagai media tersebut, akan dicapai terobosan penurunan biaya produksi sepersepuluh dari cara konvensional menggunakan mikroba dan sel hewan.

Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Prof Umar A Jenie seusai penandatanganan MOU di bidang molecular farming antara LIPI dan Fraunhofer Institute dari Jerman serta Kimia Farma, Senin (7/3) di Jakarta. Di tempat yang sama juga dilakukan Letter of Intent di bidang Diagnostic Chip for Hepatitis C antara Fraunhofer dan Kalbe Farma.

Lebih lanjut dikemukakan Umar, LIPI telah merintis penelitian molecular farming dengan fokus pada protein untuk pengobatan, yaitu human erythropoietin untuk penyakit anemia, dan protein untuk diagnosis, yaitu sialidase untuk kanker menggunakan tanaman tembakau. Selain itu dikembangkan vaksin yang bisa dimakan menggunakan tanaman pisang.

Dengan hasil itu, LIPI bekerja sama dengan Fraunhofer untuk mengembangkan teknologi molecular farming di negara tropis. Teknologi ini sangat sesuai dikembangkan di iklim tropis dan bertanah subur seperti Indonesia. Molecular farming muncul pada tahun 1980-an dan kemudian dikembangkan di Eropa dan Amerika secara intensif.

Ketua Tim Molecular Farming LIPI Dr Arief Budi Witarto menambahkan, uji coba lapangan akan dilakukan di lahan milik LIPI di Cibinong pada areal seluas 150 hektar. Saat ini sedang dicoba penanaman sembilan jenis varietas tembakau lokal untuk dipilih yang pertumbuhannya cepat dan berdaun lunak guna memudahkan proses pengambilan protein berkhasiat obat.

Dalam sambutannya, Dr Alfred Grossner, Finance Senior Vice President of Fraunhofer, mengatakan, bioteknologi, khususnya molecular farming, mempunyai peran signifikan mengatasi penyakit dan penyediaan obat dengan harga murah. Penerapan teknologi molecular farming pada tanaman tembakau, misalnya, akan menghasilkan obat lebih murah 50 kali lipat dibandingkan dengan bioreaktor.

Kerja sama

Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman menjelaskan, kerja sama Indonesia dengan Jerman di bidang bioteknologi telah dirintis sejak tahun 1998. Pengembangan molecular farming yang akan berlangsung hingga tahun 2010 merupakan kerja sama tahap kedua untuk kedua negara.

Molecular farming difokuskan pada empat jenis protein farmasi, yaitu Interferon Alpha 2, Inhibitor Helicase, Human Serum Albumine, dan Antibody M-12. Interferon Alfa 2 diketahui berkhasiat sebagai anti- HIV, antihepatitis C, dan antikanker. Inhibitor Helicase dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh flavivirus, termasuk hepatitis C dan demam berdarah. Human Serum Albumine berfungsi sebagai antiserosis hati.

Kerja sama untuk tahap I dari fase II, jelas Kusmayanto, akan dilaksanakan selama tiga tahun oleh LIPI dan Fraunhofer.

Apabila tahap I berhasil, akan dikembangkan skim berikutnya pada tahap kedua (2007-2010) antara Kementerian Negara Riset dan Teknologi dalam hal ini melibatkan LIPI dan BPPT dengan PT Kimia Farma Tbk dan Fraunhofer serta Bayer atau Medartis.

Sementara Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, dalam sambutan yang dibacakan Richard Panjaitan, menyebut Indonesia saat ini menghadapi penyakit infeksi baru yang jumlahnya terus bertambah. Salah satunya adalah HIV/AIDS yang belum ditemukan obat klinisnya, namun sudah menyebar di 29 provinsi. Karena itu, program molecular farming diharap bisa ikut menghasilkan obat- obat yang dibutuhkan.

Entry filed under: 1. BIOTEKNOLOGI, Molecular Farming. Tags: .

Arief dan Obsesi Keunggulan SDM Jalan ke Pertanian Protein

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: