Belajar Kesehatan Mandiri dari Kuba

January 5, 2008 at 4:26 pm Leave a comment

[Republika, Selasa, 29.6.2004; Oleh wed] Kalangan kedokteran melihat bahwa perkembangan dunia dan pendidikan kedokteran di Indonesia memerlukan kemandirian agar semakin maju. Untuk itu, RS Kanker Dharmais (RSKD) menggelar sarasehan tentang upaya kemandirian di bidang kesehatan di Jakarta, pekan lalu. Menurut Direktur RSKD, Prof Dr Samsuridjal Djauzi, kemandirian kesehatan perlu didasari dengan memperkuat dasar pendidikan dan praktik.

Untuk itu masih diperlukan kerja sama yang tak menjurus pada ketergantungan. Maka itu, beberapa pakar dikirim ke Kuba untuk melihat perkembangan kemandirian di bidang kedokteran di sana. Yang mereka lihat keberhasilan negara tersebut berjuang untuk mandiri di berbagai bidang. Itulah yang kemudian membuat negara tersebut mampu memenuhi berbagai kebutuhannya sendiri. Ede Surya Darmawan (FKM-UI) melihat soal kebijakan kesehatan di Kuba yang memiliki akses untuk semua secara cuma-cuma.

Kebijakan itu menciptakan tingkat kesehatan yang tinggi lewat indikator kesehatan yang sudah setara dengan negara maju. Dr Arief Budi Witarto (pakar biotek) menjelaskan betapa kemajuan biotek Kuba sudah menyamai biotek di negara maju. ”Meski kehidupan mereka sederhana, mereka mampu dan berani menyelenggarakan program biotek yang bersaing.” Mantan Menhut Nurmahmudi Ismail, yang juga pergi ke Kuba menilai, pendidikan di negara tersebut sudah maju. Kuba juga menjadi pusat pendidikan kedokteran di Amerika Latin. Layanan kesehatan diberikan secara gratis. Tak heran, katanya, negara Kuba yang tergolong miskin memiliki banyak kemajuan pesat di berbagai bidang.

Entry filed under: 2. RISET, Riset & Laboratorium. Tags: .

PII Umumkan Penerima PII Engineering Award 2005 LIPI Gelar Temu Peneliti Berprestasi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,991 hits

%d bloggers like this: