PII Umumkan Penerima PII Engineering Award 2005

January 4, 2008 at 11:12 pm Leave a comment

[Berita Iptek, Rabu, 24.8.2005; Oleh bdm] Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada hari Jumat 12 Agustus yang lalu, bersamaan dengan penutupan acara 13th General Assembly of FEISEAP (Federation of Engineering Institutions in Southeast Asia and the Pacific), di Hotel Aryaduta, Jakarta telah mengumumkan para penerima PII Engineering Award 2005. Acara ini dihadiri oleh a.l. Ir. Aburizal Bakrie, Menteri Koordinator Perekonomian. Ada 3 kategori penghargaan yang diberikan yaitu Adhicipta Rekayasa Award dan Adhikara Rekayasa Award yang dapat diberikan kepada individual atau perusahaan dan Adhidarma Profesi Award yang hanya diberikan kepada individual.Untuk kategori Adhicipta Rekayasa Award, pemenangnya adalah DR. Arief Budi Witarto, M.Eng., Ketua Kelompok Penelitian Rekayasa Protein, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Adhicipta Rekayasa adalah penghargaan yang diberikan kepada seseorang insinyur atau kelompok (individual dan corporate/perusahaan) yang telah berhasil menciptakan, menemukan atau mengembangkan teknologi atau sebuah inovasi dalam bentuk suatu karya yang telah terbukti kebenarannya secara ilmiah dan dapat diterapkan secara ekonomis dan bermanfaat bagi manusia. Penghargaan ini diberikan kepada setiap karya cipta atau prestasi puncak di bidang rekayasa dan teknologi. Karya teknologi yang dicapai oleh DR. Arief adalah pada bidang rekayasa protein dengan produk inovasi berupa enzim PQQ glukosa dehidrogenase hasil rekayasa protein dengan peningkatan karakter sehingga sekarang digunakan di banyak alat pengukur gula darah menggantikan enzim glukosa oksidase. Selain itu, berhasil untuk pertamakalinya di dunia melakukan rekayasa protein terhadap protein berstruktur beta-propeller yang unik dan menarik. Serta rekayasa protein untuk untuk menjadikan tembakau dapat memproduksi protein-protein bahan baku obat, dll. Penerima penghargaan ini sebelumnya a.l. DR. Arry Akhmad Arman (2003, Elektro ITB), DR. Hasanuddin Z. Abidin (1996, Geodesi ITB), DR. I Gede Wenten (1995, Kimia ITB), Prof. DR. Wiratman Wangsadinata (1994, Sipil ITB), dll.

Untuk kategori Adhikara Rekayasa Award pemenangnya adalah PT Jasa Marga. Adhikara Rekayasa Award diberikan atas karya yang telah menghasilkan manfaat yang besar, menggunakan profesi keinsinyuran dengan disiplin yang tinggi sehingga menghasilkan karya yang mencengangkan, monumental dan sangat tidak umum diperoleh oleh pihak lain. Salah satu karya besar PT Jasa Marga akhir-akhir ini adalah pembuatan jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Bandung. Penerima penghargaan ini sebelumnya a.l. Prof. DR. Samaun Samadikun (1984, Elektro ITB).

Terakhir, kategori Adhidarma Profesi Award dimenangkan oleh DR. Nurul Taufiqu Rochman dari Pusat Penelitian Fisika-LIPI. Penghargaan ini diberikan kepada individu atas darma-bakti di bidang keinsinyuran, perkembangan industri/teknologi dan telah menghasilkan manfaat bagi bangsa dan negara pada umumnya dan organisasi serta profesi pada khususnya.

Entry filed under: 3. PENGHARGAAN, Engineering Award. Tags: .

Terobosan LIPI: Biofarmasetik dengan Molecular Farming Belajar Kesehatan Mandiri dari Kuba

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2008
M T W T F S S
     
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 117,955 hits

%d bloggers like this: